Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanya-Jawab IlmuEkis: Bagaimana Jika Saya Ragu Mitra Saya Belum Bebas Riba?


Assalamualaikum wr.wb
Mohon masukkannya untuk ilustrasi berikut:

Jika saya adalah seorang petani yang punya kebun sebagai sumber produksi, tetapi, bermitra dengan beberapa petani lain, untuk memasarkan produk tani kami.

Dan saya ada keraguan apakah mitra saya bebas riba, bagaimana kah hasil penjualan produk tani yang saya kerjakan, yang juga bersumber dari petani-petani lain seperti asumsi/ilustrasi diatas?

Jawab:

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillah izin menjawab

Yang bapak lakukan disini dalam memasarkan produk tani sudah masuk kedalam kategori akad Musyarakahtinggal diperkuat term & condition penggunaan akad musyarakah.

Adapun keraguan bapak mengenai apakah mitranya sudah terbebas dari riba saya uraikan sebagai berikut :

  • Menggunakan kaidah fiqih تفريق الحلال عن الحرام (Tafriiqul Halal 'Anil Haram), “harus memisahkan antara yang halal dari yang haram”. Sehingga dapat dipahami bahwa yang bapak lakukan dalam kemitraan (Musyarakah) tersebut adalah hal yang halal.
  • Sedangkan jikalau ada mitra bapak ada yang masih belum terbebas riba dari sisi modal untuk memproduksi pertanian, itu adalah perkara lain yang berbeda dan tidak akan mempengaruhi halalnya kemitraan bapak dalam sisi penjualan produk
Sebagai harapan, silahkan untuk bapak ajak untuk meninggalkan skim ribawi (apabila terbukti masih menggunakan) dalam usaha produksinya dan akan ternilai amal jariah untuk bapak dan juga keberkahan dalam berusaha.

Wallahu A'lam Bishowaab
Dijawab oleh Ustadz Dr. Irwan Maulana
Dewan Pembina Komunitas Pengusaha Muslim

Posting Komentar untuk "Tanya-Jawab IlmuEkis: Bagaimana Jika Saya Ragu Mitra Saya Belum Bebas Riba?"